40 HADITS TENTANG AKHLAK: Hadits ke-24

Hadits ke-24: Dzikir dan Keutamaannya

A.    Redaksi Hadits

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ»

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya dan yang tidak mengingat(-Nya) adalah bagaikan yang hidup dan yang mati'.'' (HR. al-Bukhari)

B.     Takhrij Hadits

1.      Shahih Muslim, Bab Istihbab Shalati an-Nafilah fi Baitihi wa Jawaziha fi al-Masjid no. 779

2.      Shahih Ibnu Hibban, Bab Dzikru Tamtsil al-Mushthafa al-Maudhi’a alladzi Yudzkarullahu Jalla wa ‘Ala fihi wa al-Maudhi’a alladzi La Yudzkarullahu fihi no. 854

3.      Musnad Abi Ya’la, Bab Hadits Abi Musa al-Asy’ari no. 7306

C.    Kandungan Hadits

Allah Ta’ala berfirman, “Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’raf [7]: 205). Ayat lainnya, “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab [33]: 41-42).

Dzikir ada tiga macam bagian: Dzikir dengan lisan, yakni dengan mengucapkan lafazh-lafazh yang menunjukkan tasbih, tahmid, dan tamjid. Dzikir dengan hati, yakni memikirkan tentang dalil-dalil dzat dan sifat-sifat Allah serta dalil-dalil perintah dan larangan hingga menghayati hukum-hukumnya, termasuk tentang rahasia-rahasia ciptaan Allah. Dzikir dengan anggota badan, yakni melakukan berbagai ketaatan.

Keutamaan dzikir tidak terbatas pada tasbih, tahlil, tahmid, takbir, dan sejenisnya saja, tapi juga mencakup setiap amal dalam rangka taat kepada Allah. Sebak-baik dzikir adalah dengan hati dan lisan. Jika hanya mampu dengan salah satunya, maka yang lebih utama adalah dengan hati. Tidak sepantasnya meninggalkan dzikir dengan lisan yang disertai hati karena takut dikira riya’, karena yang lebih baik adalah dengan keduanya dan disertai dengan niat mencari ridha Allah.

Dalam hadits disebutkan tentang keutamaan mengingat Allah, yang mana diumpamakan bahwa orang yang berdzikir adalah laksana orang hidup yang menjalani kehidupan, sedangkan yang tidak berdzikir laksana orang mati. Ada pendapat yang menyebutkan, bahwa pengumpamaan yang hidup dengan yang mati adalah karena yang hidup bisa mendatangkan manfaat dan mudharat, sedangkan pada yang mati tidak demikian.

                Di antara faidah dzikir: (1) Orang-orang yang berdzikir lebih dahulu memperoleh kebaikan dan mencapai derajat yang tinggi, (2) Dzikir adalah benteng yang sangat kokoh bagi manusia, (3) Dengan dzikir maka ikatan setan akan terurai, (4) Orang yang mengingat Allah akan diingat oleh Allah, (5) Dzikir adalah makanan hati dan jiwa, tanpanya manusia akan kehilangan cahaya dan kehidupan, sehingga lebih menyerupai rumah yang rubuh, (6) Dzikir akan menambah kecintaan kepada Allah di dalam hati dan menyebabkan kecintaan Allah kepada hamba-Nya, (7) Dzikir dapat menimbulkan wibawa terhadap Allah, (8) Dzikir menyebabkan munculnya ketenangan dan ketenteraman, (9) Dzikir merupakan faktor keberuntungan.

Komentar